Selasa, 05 Januari 2010

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka terletak dibagian akhir karya ilmiah setelah bagian penutup. Penulisan daftar pustaka sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah penulis terhadap orang lain yang pernyataannya digunakan sebagai acuan.
Aturan penulisan daftar pustaka:
1. Nama penulis/pengarang
Nama penulis dibalik susunannya (nama akhir ditulis lebih dahulu) kemudian dipisahkan dengan tanda koma dari nama pertama yang ditulis dan diikuti tanda titik.
v Bila pengarangnya satu orang dan namanya terdiri atas dua unsur kata atau lebih, penulisannya yaitu nama yang belakang diletakkan di depan (di balik susunannya)
v Bila pengarangnya dua orang, yang dibalik penulisan namanya hanyalah pengarang yang pertama dan pengarang yang kedua namanya ditulis semua tanpa didalik susunannya, antara pengarang pertama dan kedua dihubungkan dengan kata hubung “dan”.
v Bila pengarangnya lebih dari dua orang,yang ditulis hanya nama pengarang yang pertama saja kemudian diikuti tanda koma dan penjelasan “dkk”(dan kawan-kawan). Untuk nama pengarang pertama tetap dibalik susunannya.
2. Tahun terbit
Setelah nama pengarang, maka diikuti denga titik dan diikuti tahun yerbit kemudian diakhiri dengan tanda titik.
3. Judul buku
Penulisan judul buku yaitu dengan dicetak miring jika diketik menggunakan computer atau digaris bawah juka penulisan diketik menggunakan mesin ketik, kemudian diakhiri dengan tanda titik.
4. Kota tempat terbit
Penulisan kota tempat terbit, pada awal nama kota ditulis dengan huruf capital kemudian diakhir penulisan kota diberi tanda titik dua.

5. Nama penerbit
Setelah penulisan nama penerbit kemudian diikuti tanda titik.
6. Penulisan seluruh isi daftar pustaka disusun secara urut brdasarkan abjad
7. Untuk nama gelar tidak perlu ditulis
8. Jika penulisan daftar pustaka tidak memuat satu baris, maka ditulis dibawahnya dengan jarak empat huruf dari barisan pertama.

SISTEMATIKA PENULISAN DAFTAR PUSTAKA
Nama pengarang.tahun terbit.judul buku.nama kota:penerbit.
Contoh:
Badrika,I wayan.2006.SEJARAH SMA.Jakarta:Erlangga.
Fauzi,M. dan Ilyas Supena.2002. Dekontruksi dan Rekontruksi Hukum Islam.Yogyakarta:PT Gama Media.
Prasodjo,Budi,dkk.2004.Fisika 2 (Teori dan Aplikasi) untuk SMP kelas 2.Bogor:Yudistira

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sastra-Ku. Design By: SkinCorner